Jakarta, Respublica— Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) meningkatkan lalu lintas data pelanggan selama periode Tahun Baru 2025.
Dengan lebih dari 190 ribu BTS 4G dan 103 BTS 5G yang tersebar di seluruh Indonesia, Indosat memastikan jaringan tetap optimal. Demi memberikan pengalaman digital yang mengesankan kepada pelanggan selama momen liburan.
Vikram Sinha, President Director dan Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menegaskan bahwa Indosat berkomitmen menghadirkan pengalaman digital yang luar biasa, terutama pada momen penting seperti pergantian tahun.
“Dengan berbagai dukungan teknologi dan kesiapan SDM, kami berupaya mewujudkan visi menjadi layanan telekomunikasi digital paling dipilih di Indonesia,” ujarnya.
Indosat menyiapkan berbagai dukungan untuk memastikan kelancaran komunikasi pelanggan dengan memanfaatkan AI dan otomatisasi.
Langkah ini menjaga kualitas jaringan agar mendukung komunikasi pelanggan selama libur Natal dan Tahun Baru, sekaligus menegaskan pentingnya konektivitas dalam menikmati momen kebersamaan.
Selama periode Nataru yang berlangsung dari 22 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025, lalu lintas data nasional mencapai puncaknya pada 1 Januari 2025 dengan peningkatan lebih dari 10% dibandingkan hari biasa.
Adapun, kota dengan peningkatan lalu lintas data tertinggi di setiap wilayah meliputi Kota Baturaja, Kota Palembang, Kota Siantar Sidempuan di Sumatra.
Lalu Kota Sintang, Kota Singkawang, Kota Sampit di Kalimantan, serta Kota Gowa, Kota Palu, Kota Parepare di Sulawesi, selain wilayah Jabotabek, Jawa, dan Bali-Nusra.
Periode ini juga meliputi peningkatan popularitas layanan digital, dengan lima aplikasi yang mengalami lonjakan penggunaan tertinggi adalah WhatsApp, Tiktok, Instagram, Youtube, dan Facebook.
Indosat memastikan jaringan tetap optimal melalui pemantauan dan pengelolaan intensif yang dilakukan selama 24/7 di Digital Intelligence Operations Center (DIOC).
DIOC berperan penting dalam memantau dan menjaga performa jaringan secara real-time, memastikan pelanggan menikmati pengalaman digital terbaik sepanjang hari.
Dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan sistem otomatisasi, ketersediaan serta kualitas jaringan dimonitor secara proaktif untuk mengatasi berbagai tantangan yang mungkin timbul demi kenyamanan pengguna.
Dengan penerapan teknologi mutakhir ini, Indosat berhasil menurunkan tingkat keluhan pelanggan sebesar 36% dibandingkan rata-rata hari biasa.
Virkam mengatakam, Indosat terus berinovasi, memperkuat jaringan, dan mendukung transformasi digital bangsa.
“Karena kami percaya bahwa konektivitas yang andal merupakan bukti komitmen kami untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” tutup Vikram.
Comment