Jakarta, Respublica— Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) berkolaborasi dengan Google Cloud untuk menghadirkan fitur pencarian cerdas berbasis AI dalam aplikasi myIM3 dan bima+.
Teknologi Semantic Search yang digunakan memungkinkan pelanggan menemukan layanan dan produk secara lebih relevan, efisien, serta sesuai preferensi mereka, sehingga menghadirkan pengalaman digital yang lebih personal dan intuitif.

Inovasi ini diperkuat oleh platform Vertex AI milik Google Cloud, yang mampu memetakan perilaku dan kebutuhan pelanggan secara mendalam. Dengan begitu, pencarian layanan seperti paket data, fitur gaya hidup, hingga program loyalti seperti IMPoin dan BonsTri dapat disesuaikan secara dinamis sesuai kebutuhan pengguna.
Bilal Kazmi, Director & Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menegaskan, Kolaborasi ini merupakan langkah strategis dalam menghadirkan pengalaman digital yang lebih pintar, personal, dan relevan bagi pelanggan Indosat.
“Bagi Indosat, sudah menjadi komitmen kami bahwa teknologi harus mempermudah hidup, mendekatkan layanan, dan menjadi sarana untuk memberdayakan Indonesia dalam menghadapi era digital,” ujarnya.
Sementara itu, Fanly Tanto, Country Director Google Cloud Indonesia, menambahkan bahwa Indosat menjadi salah satu pionir dalam program Indonesia BerdAIa dari Google Cloud. Teknologi Vertex AI Search dirancang untuk memahami pertanyaan baik dalam Bahasa Indonesia maupun Inggris, termasuk makna semantik serta variasi penulisan.
“Implementasi teknologi ini menunjukkan bagaimana kombinasi antara platform Google Cloud dan mesin pencari Google dapat terintegrasi dengan model AI perusahaan sehingga mampu menciptakan pengalaman digital yang lebih cerdas dan personal bagi pelanggan,” ujarnya.
Kebutuhan akan layanan yang dipersonalisasi semakin menjadi standar baru dunia digital. Riset McKinsey dalam laporan “Next to Personalization” mengungkap bahwa 71% konsumen mengharapkan interaksi personal dari sebuah brand. Dengan mengadopsi teknologi pencarian semantik, Indosat berupaya menjawab tren tersebut sekaligus meningkatkan efisiensi bisnis.
Sebagai bagian dari peluncuran, Indosat juga mengadakan kampanye interaktif bertajuk “30 Hari Mencari Harta Karun” yang berlangsung 21 Agustus–19 September 2025. Melalui gamifikasi pencarian berbasis AI, pelanggan diajak mencari kata kunci tertentu di akun Instagram resmi IM3 (@indosatim3) dan Tri (@triindonesia), lalu mengetikkannya di fitur pencarian aplikasi myIM3 atau bima+.
Peserta paling aktif setiap hari berkesempatan memenangkan e-voucher dengan total hadiah hingga Rp 5,5 juta. Program ini dapat diikuti dengan mengunduh aplikasi myIM3 melalui myim3.co/getnow dan bima+ melalui bima-3.co/getnow.
Selain teknologi dari Google Cloud, fitur pencarian ini juga diperkuat oleh Sahabat-AI, model bahasa besar (LLM) open source berbahasa Indonesia. Sahabat-AI dirancang memahami konteks lokal, termasuk bahasa daerah dan dialek, sehingga interaksi pelanggan terasa lebih dekat, relevan, dan inklusif, bahkan bagi mereka yang berada di luar kota besar.
Comment